1.900 Hektar Lahan Pertanian Terdampak Banjir di Kalbar, Kementan Kirim 40 Ton Benih Padi Varietas Unggul Baru

- 23 November 2021, 14:52 WIB
Gubernur Kalimantan Barat terima bantuan benih padi dari Kementan
Gubernur Kalimantan Barat terima bantuan benih padi dari Kementan /Kementan

PORTALKALTENG - Antisipasi dampak puso akibat banjir yang melanda provinsi Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian menyerahkan bantuan benih padi Varietas Unggul Baru (VUB) kepada Gubernur Kalimantan Barat  H. Sutarmidji, SH, M.Hum.

Bantuan benih padi sebanyak 40 ton tersebut akan diserahkan kembali kepada petani padi untuk mengantisipasi puso akibat banjir yang luasnya mencapai 1.900 ha di Provinsi Kalimantan Barat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian dan jajarannya khususnya Balitbangtan atas perhatiannya kepada para petani di Provinsi Kalimantan Barat,” ucap Sutarmidji setelah menerima bantuan benih padi di kantornya, di Kalimantan Barat, Kamis 18 November 2021.

Baca Juga: Food Estate Holtikultura di Desa Lamuk Wonosobo Gunakan Inovasi Teknologi Balitbangtan Berbasis Internet

Ia mengatakan bahwa bantuan benih tersebut sangat bermanfaat terutama dalam menjaga produksi padi di Kalimantan Barat setelah beberapa kabupaten sentra produksi padi banyak yang puso akibat tergenang banjir.

“Benih bantuan tersebut akan digunakan sebagai salah satu strategi dalam menjaga stok pangan di Kalimantan Barat. Melalui Dinas Pertanian di masing-masing kabupaten, benih tersebut akan dikembangkan dan kita berharap dengan adanya benih berkualitas dan adaptif ini, produktivitas padi di Kalimantan Barat akan meningkat dan terhindar dari puso,” ungkap Sutarmidji.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) Dr. Priatna Sasmita mengatakan bahwa penyerahan bantuan benih VUB padi tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan produksi dan produktivitas padi di Kalimantan Barat.

Baca Juga: Sektor Manufaktur Indonesia Siap Hadapi Era Industri Empat Titik Nol yang Saat ini terus Didorong Pemerintah

Halaman:

Editor: Patriano Jaya Maleh

Sumber: Kementan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x